Desain Proporsional Integrator Defferensiator (PID) Controller Dengan Tunning Firefly Algorithm Untuk Load Frequency Control (LFC) Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

  • Kadaryono Kadaryono Universitas Darul Ulum
  • Saiful Arfaah Universitas Darul Ulum
  • Machrus Ali Universitas Darul Ulum http://orcid.org/0000-0001-6018-4508
Keywords: FA, mikro hidro, kontroler PID

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi pada sistem pembangkit mikro hidro adalah terjadinya putaran tidak konstan generator yang disebabkan oleh perubahan beban yang tersambung. Sehingga menyebabkan terjadinya fluktuasi frekuensi pada sistem yang dapat mengakibatkan kerusakan peralatan listrik. Oleh karena itu dalam penelitian ini dibahas sebuah strategi pengendali frekuensi berbasis Proporsional Integrator Defferensiator (PID). PID merupakan alat kontrol yang dapat mengontrol frekuensi agar bisa stabil. Untuk mendapatkan parameter PID yang optimal pada sistem pembangkit mikro hidro ini digunakan metode Firefly Algorithm (FA). Hasil simulasi menunjukkan bahwa penerapan FA terhadap PID pada sistem pembangkit mikro hidro, dapat mempercepat settling time respon perubahan frekuensi dan juga memperbaiki overshoot respon frekuensi sistem. Dari hasil penelitian dan simulasi yang telah dilakukan, diperoleh beberapa hal yang dapat dijadikan kesimpulan dari penelitian, yaitu : Adanya perubahan nilai beban listrik dari pelanggan mengakibatkan perubahan respon frekuensi pada sisi pembangkit,dan juga dapat mengganggu stabilitas sistem. Sebuah sistem pembangkit listrik pada umumnya, dan system pembangkit listrik mikro hidro pada khususnya membutuhkan sistem Load Frequency Control (LFC) untuk memberikan kompensasi terhadap osilasi frekuensi akibat adanya perubahan beban listrik. Selain itu, Dengan menggunakan firefly algorithm sebagai metode penelitian, dapat dicari nilai parameter-parameter control yang ingin dioptimisasi menjadi lebih baik. Hal ini ditunjukkan dengan nilai settling time sebesar 4,84 yang merupakan nilaisettling time tercepat dan juga nilai overshoot sebesar -0,0000528 yang merupakan nilai overshoot terkecil

Author Biographies

Kadaryono Kadaryono, Universitas Darul Ulum

Teknik Mesin, Universitas Darul Ulum, Jombang

Saiful Arfaah, Universitas Darul Ulum

Teknik Sipil, Universitas Darul Ulum, Jombang

Machrus Ali, Universitas Darul Ulum

Teknik Elektro, Universitas Darul Ulum, Jombang

References

Ali, M. Kontrol Kecepatan Motor DC Menggunakan PID Kontroler Yang Ditunning Dengan Firefly Algorithm. Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan 2012, 3, 1-10.
Kundur, P., “Power System Stability and Control”, McGraw-Hill, Inc, 1993
Imam Robandi, ”Desain Sistem Tenaga Modern: Optimasi, Logika Fuzzy, dan Algoritma Genetika”, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2006.
DS. Henderson, “An advanced electronic load governor for control of Micro hydroelectric power generation”, IEEE Transactions Energy Conversion, Vol.13, No.3, September 1998.
Saadat Hadi, “Power System Analysis” McGraw-Hill 1999
Yang, X. S. (2009). "Firefly algorithms for multimodal optimization". Stochastic Algorithms: Foundations and Applications, SAGA 2009. Lecture Notes in Computer Sciences 5792. pp. 169–178.
Y. S. Lee and C. J. Wu, “Application of Superconducting Magnetic Energy Storage Unit to Improve the Damping of Synchronous Generator”, IEEE Transactions-EC, Vol. 6, No.4, December 1991.
Published
2013-10-27
How to Cite
[1]
K. Kadaryono, S. Arfaah, and M. Ali, “Desain Proporsional Integrator Defferensiator (PID) Controller Dengan Tunning Firefly Algorithm Untuk Load Frequency Control (LFC) Pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)”, Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan, vol. 4, no. 2, pp. 46-53, Oct. 2013.
Section
Articles