Analisa Profil Muka Air Saluran Drainase Sutorejo Selatan Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya

  • Saiful Arfaah Universitas Darul Ulum
Keywords: Banjir, Hidrologi, HEC-Ras 4.1.0

Abstract

Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo adalah merupakan bagian dari Kota Surabaya. Banjir tahunan pada saat musim penghujan merupakan bagian yang rutin terjadi pada daerah ini. Menjadi perhitungan lanjut perencanaan teknis dan keputusan-keputusan yang diambil untuk lebih mengetahui kondisi sebenarnya terkait dengan terjadinya banjir dan dimensi saluran yang diperlukan. Dibutuhkan Informasi yang akurat dari kondisi saluran eksisting, curah hujan dan kondsi lahan, yang berpengaruh untuk analisa hidrologi dan mendimensi saluran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui kondisi drainase yang ada pada daerah studi. 2) Merencanakan dimensi saluran drainase sesuai kapasitas terhadap debit rancangan.
Metodologi yang digunakan adalah; 1) Pengumpulan data baik primer maupun sekunder 2) Analisa data 3) Perencanaan teknis dimensi saluran. Pengumpulan data dilakukan dengan survey langsung dilapangan serta data yang diperoleh dari instansi terkait, seperti data curah hujan. Analisa hidrologi meliputi ; perhitungan hari hujan maksimum, intensitas hujan, rumus intensitas hujan yang dipakai. Perencanaan teknis untuk mencari dimensi saluran drainase sesuai kapasitas terhadap debit rancangan.
Dari hasil analisa hidrologi diperoleh hasil Debit puncak limpasan banjir sebesar 0,76 m3/dt. Hasil analisa hidrolik menggunakan HEC-RAS, elevasi muka air untuk debit kala ulang 5 tahun menunjukkan bahwa elevasi muka air banjir berada diatas elevasi dinding saluran yang berkisar natara 0,10 m s/d 1,09 m.

Author Biography

Saiful Arfaah, Universitas Darul Ulum

Teknik Sipil, Universitas Darul Ulum, Jombang

References

Soemarto, CD. 1987. Hidrologi Teknik. Jakarta : Penerbit Usaha Nasional.
Hadihardjaja, Joetata. 1997. Irigasi dan Bangunan Air. Jakarta : Guna Darma.
Pruit, W.O. 1977 . Crop Water Requirement, FAO Irrigation and Drainage Paper, No 24 Revised.
Sidharta S.K. 1997. Pengembangan Sumber Daya Air. Jakarta : Guna Darma.
Dewan Standarisasi Nasional. 1994. Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Direktorat Jenderal Pengairan. 1986. Standar Perencanaan Irigasi. Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. Jakarta.
Masduki, H. Moh. 1978. Diktat Drainase Pemukiman. Institut Teknologi Bandung. Bandung
Minarko, S. 2000. Drainase Perkotaan. Edisi Kedua. ES-HA. Jakarta.
Sosrodarsono, S. Hidrologi Untuk Pengairan. Pradnya Paramita. Jakarta.
Published
2012-10-24
How to Cite
[1]
S. Arfaah, “Analisa Profil Muka Air Saluran Drainase Sutorejo Selatan Kelurahan Dukuh Sutorejo Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya”, Jurnal Intake : Jurnal Penelitian Ilmu Teknik dan Terapan, vol. 3, no. 2, pp. 33-48, Oct. 2012.
Section
Articles