Pemberdayaan Usaha Ekonomi Kreatif dalam Inovasi Kerajinan Anyaman Pandan di Karanggebang, Munungkerep, Kabuh, Jombang

Authors

  • Machrus Ali Universitas Darul Ulum
  • Arif Rahman Sujatmika Universitas Darul Ulum
  • Avi Maida W Universitas Darul Ulum
  • Sunarti Universitas Darul Ulum
  • Novi Nur S Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.580

Keywords:

kerajinan Pandan, inovasi produk, UMKM

Abstract

Desa munungkerep merupakan salah satu desa penghasil kerajinan Pandan yang sudah ada sejak zaman dulu dan merupakan warisan budaya kearifan lokal yang diperoleh dari orang tua secara turun-temurun. Kerajinan anyaman dibuat dari tanaman pandan yang tersedia dengan jumlah yang melimpah di desa Munungkerep. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai pengrajin anyaman tikar pandan. Permasalahannya adalah anyaman Pandan yang dihasilkan oleh pengrajin biasanya dijual langsung kepada pengepul anyaman sehingga nilai jual dari anyaman Pandan tergantung dari jumlah harga yang diberikan oleh pengepul. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pengelola dan pengrajin UMKM Anya Craft di Desa Munungkerep, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang yang bertujuan memberikan pelatihan mengenai inovasi produk baru yang dihasilkan dari kerajinan anyaman pandan dan meningkatkan kreativitas pengrajin. Dengan menambahkan desain baru yang lebih beragam dan disesuaikan dengan perkembangan zaman akan meningkatkan daya jual. Serta membantu mitra dalam memanfaatkan teknologi dan media sosial sebagai sarana promosi. Hasil dari kegiatan ini, pengrajin bisa memahami materi yang diberikan dan bisa mempraktekannya, mulai dari persiapan dan proses produksi. Kendala yang dihadapi adalah ada sebagian kecil pengrajin yang keterampilannya kurang memadai.

References

Hasan, H., & Zelviani, S. (2019). Pengujian Kerapatan Dan Kadar Air Serta Terhadap Papan Akustik Berbahan Dasar Daun Pandan Duri ( Pandanus Tectorius). JFT, 6 (2), 113–120.

Abdul Latief, Syardiansah, M. Y. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis EMarketing Pada Kelompok Usaha Perempuan Anyaman Tikar Di Gampong Matang Gleum Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Pelita Masyarakat, 2(1), 17–26.

Desnica, P., Widiawati, D., & Nugraha, A. (2019). Pengembangan Dekorasi Warna Pada Anyaman Pandan Tasikmalaya. Dinamika Kerjainan Dan Batik, 36 (1), 71–80.

Dwiningwarni, Sayekti Suindyah, Mei Indrawati, Machrus Ali, and Syamsiyah Yuli Dwi Andari. 2021. “Development of Tourism Villages Based on Promotion Integration Through Websites.” Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5(2).

Gunawan, Gunawan, Guguh Sujatmiko, and Dudi Anandya. 2021. “Pelatihan Pengembangan Produk Kreatif Dari Rotan Pada IKM Di Jombang Dengan Pelibatan Masyarakat.” Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6(1).

Hekam, M., & Hartanto, W. (2021). Pemberdayaan pengrajin daun pandandi desa gunungteguh kecamatan sangkapura kabupaten gresik. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15, 136–145.

Margareta Hada Aji, V. D. A. (2021). Analisis Pendapatan, Biaya Dan Keuntungan Pada Usaha Anyaman Daun Pandan Di Kecamatan Kota Waingapu, Sumba Timur. Ekonomomika, 12(2).

Published

2022-01-17

How to Cite

Machrus Ali, Arif Rahman Sujatmika, Avi Maida W, Sunarti, & Novi Nur S. (2022). Pemberdayaan Usaha Ekonomi Kreatif dalam Inovasi Kerajinan Anyaman Pandan di Karanggebang, Munungkerep, Kabuh, Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 77-82. https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.580