Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental Lanjut Usia Melalui Program Posyandu Lansia

Authors

  • Aditya Cahyadi Universitas Darul Ulum
  • Wardatul Mufidah Universitas Darul Ulum
  • Tri Susilowati Universitas Darul Ulum
  • Hevy Susanti Universitas Darul Ulum
  • Winda Dwi Anggraini Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.568

Keywords:

posyandu lansia, kesehatan lansia

Abstract

Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat lanjut usia di suatu wilayah tertentu yang sudah terencana, yang digerakkan oleh masyarakat terutama ibu – ibu PKK dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan. Tujuan : penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas Posyandu Lansia dalam menjaga kesehatan fisik dan kesehatan mental lanjut usia serta faktor – faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Posyandu Lansia. Metode : penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil : Penelitian dilakukan di Posyandu Lansia Desa Kedawong  Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, dengan mengambil subjek lansia yang terdata sebanyak 58 lansia. Peran dari program posyandu lansia dimaksudkan untuk memenuhi dan meningkatkan usaha pelayanan kesehatan fisik dan Mental bagi lansia yang umumnya membutuhkan bantuan dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan fisik dan mental. selain sebagai pemenuhan kebutuhan kesehatan fisik dan mental bagi lansia juga menjadi sarana rekreasi dan dapat bersosialisasi dengan teman sebaya ditengah kondisi mereka yang memiliki banyak waktu luang dan kesepian. penyuluhan menjaga kesehatan fisik dan mental lanjut usia di program posyandu lansia berdampak positif untuk meningkatkan kesehatan mental dan spiritual pada lansia.

References

BKKBN. Hari Lanjut Usia Nasional Tentang Membangun Keluarga Peduli Lansia [Internet].2017.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika

Hurlock, E. B. (2012). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Kemenkes. Gambaran Lanjut Usia di Indonesia.

Kemenkes. Situasi Lansia di Indonesia Tahun 2017 Indonesia Gambar Struktur Umur Penduduk Indonesia Tahun 2017.

Suardiman S. Psikologi Usia Lanjut. In Yogyakarta: Gadjah Mada University Press; 2011.

TNP2K. Penduduk Lanjut Usia ( Lansia ) dan Keterjangkauan Program Perlindungan Sosial bagi Lansia Jumlah Lansia. 2017;1–25.

QONITA, Fauzia Nur, et al. KESEHATAN PADA ORANG LANJUT USIA (Kesehatan Mental dan Kesehatan Fisik). PSIKOWIPA (Psikologi Wijaya Putra), 2021, 2.1: 10-19.

Published

2022-01-24

How to Cite

Aditya Cahyadi, Wardatul Mufidah, Tri Susilowati, Hevy Susanti, & Winda Dwi Anggraini. (2022). Menjaga Kesehatan Fisik Dan Mental Lanjut Usia Melalui Program Posyandu Lansia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.568