Pencegahan Stunting Melalui Parenting Education Di Desa Pakel Bareng

Authors

  • Rukhil Amania Universitas Darul Ulum
  • Muhammad Nur Hidayat Universitas Darul Ulum
  • Izatul Hamidah Universitas Darul Ulum
  • Endah Wahyuningsih Universitas Darul Ulum
  • Asnun Parwanti Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.566

Keywords:

Stunting, Parenting, Education

Abstract

Stunting adalah kondisi gagal dalam pertumbuhan pada anak balita dibawah 5 tahun, hal ini diakibatkan karena kekurangan gizi sehingga anak terlalu pendek untuk usianya. Tujuan dari kegiatan parenting yang dilakukan di desa pakel merupakan upaya pendidikan yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan kepada orang tua untuk mengasuh anak dengan baik. Pada tahap analisis yang dilakukan di posyandu desa pakel, terdapat banyak anak yang mengalami stunting. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya gizi yang harus diberikan kepada anak. Pada penelitian ini menghasilkan deskripsi tentang upaya pemahaman kepada orang tua tentang pentingnya pemberian gizi kepada anak. Team peneliti memberikan salah satu contoh makanan penunjung gizi yaitu pembuatan dessert mangga. Para orang tua juga diberikan pelatihan dan pemahaman untuk berkreasi menghasilkan makanan bergizi dengan menggunakan bahan yang ada di rumah, seperti susu, roti, dan makanan yang bergizi lainnya. 

 

References

Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima.Jakarta: Erlangga.

Aisah, Ngaisah, & Rahmuniyati. (2019). Personal Hygiene dan santai lingkungan berhubungan dengan kejadian stunting di Desa Wukirsari Kecamatan cangkrngan. Prosiding Seminar nasional Meningkatkan Kemampuan Literasi digital dalam Publikasi Ilmiah Di Era revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: universitas Respati Yogyakarta.

Almatsier, S. (2015). Prinsip dasar ilmu Gizi Edis ke-9, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kuku KE, Nuryanto. 2011. Faktor Risiko Kejadian Stunting Pada Anak Usia 2 – 3 Tahun Di Kecamatan Semarang Timur. Journal Of Nutrition College. 2(4) : 523 – 530.

Manary MJ, Solomons NW. 2009. Gizi Kesehatan Masyarakat, Gizi dan Perkembangan Anak. Jakarta: Buku Kedokteran ECG.

obbins, Stephen P. Judge, Timothy A., 2008. Perilaku Organisasi Buku 1. Jakarta

Salemba. Rochmah, Amalia M. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Stunting Pada Balita Usia 24-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Wonosari I. Yogyakarta: Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Sabaruddin, Erny E. 2012.Kajian Positive Deviance Masalah Stunting Balita Pada Keluarga Miskin Di Bogor. Institut Pertanian Bogor.

Siswati, Tri, 2018. Determinan Sosial, Struktural Dan Biologi Kejadian Stunting Balita Di Indonesia. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada.

Published

2022-01-24

How to Cite

Rukhil Amania, Muhammad Nur Hidayat, Izatul Hamidah, Endah Wahyuningsih, & Asnun Parwanti. (2022). Pencegahan Stunting Melalui Parenting Education Di Desa Pakel Bareng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 52-68. https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.566