Pendidikan Seksual Usia Dini Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Sosial Pada Anak

Authors

  • Silvia Lailatul Riza Universitas Darul Ulum
  • Windy Chintya Dewi Universitas Darul Ulum
  • Siti Arifah Universitas Darul Ulum
  • Wardatul Mufidah Universitas Darul Ulum
  • Febri Ahmad Yodantana Universitas Darul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.548

Keywords:

Pendidikan seksual, konsep wedi dan isin, nilai sosial dan budaya jawa

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pendidikan seksual pada usia dini diterapkan oleh orang tua, khususnya orang tua yang memiliki latar belakang budaya Jawa. pengabdian ini merupakan pengabdian sekaligus penelitian kualitatif deskriptif sehingga dapat menjawab tujuan penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tuaa siswa siswa PAUD Al Abror Banjarsari, Bandarkedungmulyo. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa pengetahuan subjek akan pendidikan seksual masih sangat minim. Tingkat pendidikan orang tua juga mempengaruhi pengetahuan yang didapatkan. Selain itu, adanya pemikiran bahwa pendidikan seksual merupakan hal yang tabu juga mendukung hal tersebut. Konsep wedi dan isin dalam budaya jawa membuat subjek merasa pendidikan seksual merupakan hal yang tabu. Namun disisi lain, pendidikan seksual dapat bermanfaat untuk menanamkan konsep wedi dan isin pada anak di lingkungan sosialnya.

References

Aji, Nhimas Ajeng Putri, Tritjahjo Danny Soesilo, and Yustinus Windrawanto. 2018. “Pelaksanaan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Dan Guru Di Tk Pamekar Budi Demak.” Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global (291): 111–17.

Fajar, Dwi Aryo, Susanto, and Ribut Achmadi. 2014. “Strategi Optimalisasi Peran Pendidikan Seks Usia Dini Di Paud Dalam Menanggulangi Pelecehan Seks Terhadap Anak Di Pekalongan.” LITBANG Kota Pekalongan 13: 40–52.

Fajrin, Latifah Permatasari, Subar Junanto, and Diyah Kurniasari. 2020. “Implementasi Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 78–87.

Lakshita, Dea Surya. 2019. “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Tentang Pendidikan Seks Anak Usia Dini Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Pakualaman Kota Yogyakarta Tahun 2019.” Kebidanan: 83–85.

Martini, Martini, and Imam Mawardi. 2017. 8 Jurnal Tarbiyatuna Implementasi Metode Pendidikan Seks Untuk Anak Dalam Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam).

Munandar, Mumu, Firmanul Catur Wibowo, and Tita Rosita. 2019. “Effect of Welfare and Teaching Motivation on Professional Competence of Elementary Teachers Using Participatory Action Research (Par) Methods.” International Journal of Scientific and Technology Research 8(11): 1975–78.

Soehadha, Moh. 2014. “WEDI ISIN (TAKUT MALU); AJINING DIRI (HARGA DIRI) ORANG JAWA DALAM PERSPEKTIF WONG CILIK (RAKYAT JELATA).” RELIGI JURNAL STUDI AGAMA-AGAMA 10(1): 1.

Soesilo, Tritjahjo Danny. 2021. “Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini Di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang.” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 11(1): 47–53.

Teufel-Shone, Nicolette I. et al. 2019. “Supporting New Community-Based Participatory Research Partnerships.” International Journal of Environmental Research and Public Health 16(1).

Published

2022-01-17

How to Cite

Silvia Lailatul Riza, Windy Chintya Dewi, Siti Arifah, Wardatul Mufidah, & Febri Ahmad Yodantana. (2022). Pendidikan Seksual Usia Dini Sebagai Upaya Menanamkan Nilai Sosial Pada Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Darul Ulum, 1(1), 18-24. https://doi.org/10.32492/dimas.v1i1.548